Karakteristik Perangkat Lunak dan Gim

Perangkat Lunak dan Gim merupakan suatu kode program yang di tulis dengan bahasa pemrograman dalam aturan tertentu. Beberapa karakteristik perangkat lunak dan Gim yaitu perangkatnya tidak keset mata atau berbentuk digital tidak seperti perangkat keras dapat disentuh. Kedua tidak dimakan usia dan ketika ada kegagalan tidak perlu penggantian perangkat hanya perlu di tambal.

Proses Bisnis Pengembang Perangkat Lunak dan Gim

Proses bisni adalah sekumpulan kegiatan atau aktifitas yang dirancang untuk menghasilkan suatu keluaran tertentu bagi pelanggan. Proses bisnis dapat digambarkan dengan satu metodologi Business process Modelling Natatuition dikembangkan oleh Busness Process Modelling Initative (BPMI). Tujuanya menyediakan alur yang mudah dipahami oleh semua pengguna bisnis.

Berikut adalah Elmen dan Objek yang terdapat pada BPMN :



Event


Event adalah sesuatu yang "terjadi" selama jalannya proses atau koreografi yang mempengaruhi aliran dari model dan bisanya memiliki penyebab (pemicu) atau dampak (hasil). Ada tiga jenis event berdasarkan pengaruh aliran proses yaitu Awal, Menengah, Akhir.

Aktivity



Aktivitas adalah sebuah istilah umum untuk suatu kegiatan yang memperlihatkan perusahaan melakukan proses. Jenis kegiatan yang merupakan bagian dari proses sebuah model digambarkan bulat persegi panjang.

Gateway



Gateway digunakan untuk mengontrol perbedaan dan konvergensi dari urutan Arus dalam Proses. Dengan demikian, akan menentukan percabangan, forking, penggabungan,dan bergabung dengan jalur.

Flow

Sequence Flow

 


Sebuah arus urutan digunakan untuk menunjukkan urutan kegiatan yang akan dilakukan dalam proses.

Message Flow


    

Digunakan untuk menunjukan aliran pesan antara dua pelaku yang telah dipersiapkan untuk mengirim dan menerima mereka.

Association

Digunakan untuk menghubungkan informasi dan artefak dengan elemen BPMN grafis. Misalnya Data.

Pool



Adalah representasi grafis dari pelaku/peserta kolaborasi.

Lane





Lane adalah partisi sub-dalam proses, terkadang dalam pool, akan memperpanjang seluruh proses baik secara vertical ataupun horisontal.

Data Object





Data Object memberikan informasi tentang kegiatan apa yang perlu diadakan dan atau apa yang mereka hasilkan. Data Object dapat mewakili benda tunggal atau koleksi bendabenda. Data Input dan Data Output memberikan informasi yang sama untuk proses.

Group





Adalah pengelompokan unsur-unsur grafis yang berada dalam kategori yang sama.

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim


Dalam Mengembangkan perangkat Lunak dan Gim secara garis besar menjadi 3 tahap yaitu :
:

Perancangan

Pemodelan perangkat lunak adalah abstraksi struktur perangkat lunak yang akan di implementasikan. Hal ini termasuk model data, struktur kode program, antarmuka, input, output, struktur navigasi atau alur kerja perangkat lunak. Dalam Perancangan di pecah kembali menjadi 4 katagori :


Perancangan Arsitektur

Merupakan perancangan yang menggambarkan keseluruhan perangkat lunak yang akan dibuat.


Perancangan Komponen

Perancangan komponen dapat memberikan gambaran yang rinci dan spesifik. Menggambarkan detail internal masing– masing komponen perangkat lunak seperti struktur data dan algoritma kode perangkat.

Perancangan Basis Data

Perancangan basis data adalah pengorganisasian data sesuai dengan model basis data. Perancangan basis data menentukan data apa yang harus disimpan dan bagaimana elemen-elemen data saling berhubungan.


Perancangan Antarmuka

Perancangan antarmuka atau interface adalah proses menentukan bagaimana sistem akan berinteraksi dengan entitas eksternal yaitu pengguna aplikasi.

Implementasi

Tanpa Implementasi semua program tidak akan jadi. Maka perlu rancangan yang dibuat lalu di implementasi.

Pengujian

Pengujian dilakukan tiga level, pertama modul individual yang diuji oleh pengembang. Kedua modul terintegrasi dan diuji untuk memastikan bahwa mereka berinteraksi dengan benar. Ketiga, setelah semua modul terintegrasi, seluruh sistem diuji untuk memastikan bahwa itu memenuhi persyaratan pengguna.


Referensi

Utama, Yutianan Amita & Esa Hergatama. Dasar-Dasar Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 23 Oktober 2023. https://drive.google.com/drive/folders/11_N8mclw1yM_p77hjYuT-E6hiR8FbipO?hl=id